Pemkab Ambil Langkah dini Pencegahan Covid 19

174

SULSELBERITA.COM. Takalar - Untuk mencegah penyebaran Virus Covid 19 di Takalar, Pemerintah Kabupaten Takalar menggelar Rapat koordinasi Kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi Corona Virus (Covid-19) di Ruang Rapat Setda. Lantai I kantor Bupati Takalar. Selasa (17/3/2020) pagi.

Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah kab. Takalar Drs. H. Arsyad,MM dihadiri Para Staf Ahli Bupati Takalar, Para Asisten Setda. Takalar, para Pimpinan OPD terkait serta para Camat di Kabupaten Takalar.

Advertisement

Sekda dalam arahannya mengatakan diantaranya bahwa pemerintah daerah harus mengantisipasi semua yang bisa terjadi. Pemerintah harus memikirkan sedini mungkin bagaimana penanganan mengantisipasi untuk menghentikan penyebaran Virus corona.

"Kita harus memikirkan sekarang, langkah-langkah apa yang harus dilakukan dan ditangani jika Virus tersebut menyebar. Saya harap rapat ini ada masukan langkah-langkah dan upaya yanv harus dilakukan untuk penanganan virus yang mematikan ini."jelasnya.

Lanjut dikatakan, agar seluruh OPD dan para Camat untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat untuk melakukan langkah-langkah antisipatif sesuai surat edaran Bupati Takalar.

"Sosialisasi apapun yang dilaksanakan untuk pencegahan covid 19, jangan bikin panik masyarakat agar masyarakat tidak stress memikirkan virus ini."jelasnya.

Di akhir arahannya, H. Arsyad berharap Pemda bisa mengatasi penyebaran covid 19 dan tidak menyebar di bulan Ramadhan di Kabupaten Takalar pada khususnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan dr. Rahmawati melaporkan bahwa terkait pencegahan Covid 19, Dinas kesehatan telah membentuk posko sejak jum'at lalu yang berpusat di posko Tim PSC 119.

"Kami juga telah menugaskan Tim PSC untuk berada di masing-masing puskesmas Takalar untuk memantau langsung masyarakat yang mempunyai gejala mirip Covid 19 dan melaporkan ke Tim PSC Kabupaten untuk segera melakukan observasi."beber Kadis Kesehatan.

Lanjut dilaporkan, bahwa hingga saat ini dinas kesehatan belum ada dicurigai masyarakat yang mempunyai gejala mirip covid 19. Dan pasien yang dirujuk ke RS wahidin beberapa waktu lalu telah kembali berkumpul di keluarganya karena sesuai hasil uji laboratorium pasien tersebut negatif sespect corona.

"Kami harap Kader Kesehatan di masing-masing dusun dan desa diaktifkan agar masyarakat tidak berkumpul di puskesmas untuk memeriksakan diri demi menghindari perkumpulan massa berjumlah besar."harap kadis kesehatan.