Gelar Rakornis, Bidang Penmad Kanwil Kemenag Bahas Sejumlah Agenda termasuk UN

273

SULSELBERITA.COM. Makassar (Inmas Sulsel) Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Prov. Sulsel mengumpulkan seluruh Kepala Seksi Penmad Kemenag Kab. Kota se Sulsel kemarin (Kamis, 13 Feb 2020) untuk membahas sejumlah agenda kegiatan dan program untuk tahun anggaran 2020.

Acara bertajuk Rapat Koordinasi tekhnis (Rakornis) yang dilangsungkan di Aula lantai 2 Kanwil Kemenag Sulsel ini,dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Penmad Kanwil H. Masykur yang didampingi oleh seluruh kepala seksi di lingkup bidang Penmad.

Advertisement

Dalam Arahannya, H. Masykur mengawali dengan mengucapkan selamat bergabung bagi Kepala Seksi Penmad yang baru dilantik di daerahnya , semoga bisa saling menguatkan untuk madrasah yang lebih hebat dan bermartabat, ucapnya.

Kabid Penmad juga menjelaskan bahwa event Ujian Nasional akan berlangsung dalam waktu dekat, baik di tingkat Madrasah Aliyah, Tsanawiyah maupun Ibtidaiyah, Karenanya masykur meminta agar program Nasional ini dikawal sampai titik darah penghabisan, sinergikan dengan seluruh pihak segala sesuatunya yang diharapkan akan mensukseskan UN kita di Madrasah, Paparnya.

Selain itu, Kabid juga menyentil soal penggunaan dana Bos di Madrasah, beliau mewanti wanti agar ber hati hati dalam pemanfaatannya, harus sesuai dengan regulasi dan juknis yang ada saat ini. Selain itu data primer dan sekunder yang dibutuhkan terkait Dana Bos, harus teliti dan uptodate. Serta mengharapkan agar Dana Bos bisa menggunakan Bank Syariah yang ada di daerah masing masing, Tambahnya.

Di Rakornis itu juga membahas seputar masalah Akreditasi Madrasah, Kepala Madrasah, Tenaga Kependidikan, PKP (diklat) ke-Pengawas Madrasah, pustakawan, bantuan SBSN, Sertifikasi dan Tukin dan lainnya.

Khusus Ujian Nasional bagi Madrasah dibawah naungan Kementerian Agama Prov. Sulsel, menurut H. Muhammad Qasim yang merupakan Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Penmad Kanwil bahwa ada tiga (3) jenis Ujian Nasional yang akan dilaksanakan oleh Madrasah yaitu

1. Ujian Nasional (UN) dimana 100 % kisi kisi Soalnya berasal dari Pusat,
2. Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) yang kisi kisi soalnya 100 % berasal dari Pusat juga.
3. Ujian Madrasah (UM) dimana 100 % kisi soal nya berasal dari Guru Madrasah.

Selanjutnya, Jumlah Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk Madrasah dibawah naungan Kementerian Agama Sulsel yakni Madrasah Aliyah yang jumlahnya 396 Madrasah, dengan siswa peserta ujian sebanyak 19.910 orang. Sedangkan untuk Madrasah Tsanawiyah, jumlah peserta Ujiannya sebanyak 32.537 siswa dari 746 Madrasah, dan Untuk Madrasah Ibtidaiyah peserta ujian nya adalah 11.582 siswa dari 686 Madrasah.

Sedangkan untuk Jadwal Ujiannya sendiri terbagi sesuai jenis ujiannya, untuk Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN BK) Madrasah Aliyah akan berlangsung pada tanggal 9 – 11 Maret 2020, sedangkan untuk Madrasah Tsanawiyah pada tanggal 16 – 18 Maret 2020

Untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi Madrasah Aliyah akan dilangsungkan pada tanggal 30 Maret – 2 April 2020, dan untuk Madrasah Tsanawiyah dilakukan pada tanggal 20 – 23 April 2020,

sementara untuk Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) bagi tingkatan Madrasah Aliyah, Tsanawiyah dan Ibtidaiyyah diatur masing masing oleh Kabupaten Kota, Jelas Pak Qasim.

Mengakhiri arahannya, Kabid Penmad menegaskan bahwa kita semua harus berkomitment mensukseskan setiap program Kementerian Agama khususnya program Dirjen Pendidikan Islam, karenanya, Jangan ada yg bergerak dan mengambil kebijakan tanpa komunikasi dan koordinasi, biasakan tradisi “Mappattabe dan siapakalebbi” dalam bekerja sehingga sejalan dengan sesuai jalur koordinasi structural lembaga kita, Tutupnya. (wrd)

Dilaporkan oleh :
Mawardy Siradj
Pelaksana Pada Subbag Umum dan Humas
Kanwil Kemenag Prov. Sulsel