Balapan Hand Tractor di Takalar, Diikuti 200 Peserta dari Berbagai Kabupaten

1354

SULSELBERITA.COM. Takalar - Untuk pertama kalinya Pemerintah Kab. Takalar melalui Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan gelar Lomba Hand Traktor yang dilepas secara resmi oleh Sekda Takalar Drs. H. Arsyad, MM didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Muh. Hasby S. STP. MAP di kompleks persawahan yang berlokasi di belakang terminal Kab. Takalar, Jum'at 7 Februari 2020.

Sekda Takalar Drs. H. Arsyad, MM Usai melepas lomba mengatakan bahwa beliau selaku Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan ini merupakan bagian dari inovasi baik inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat maupun berorientasi peningkatan hasil dan berorientasi pada peningkatan menambah produk sesuai dengan Undang-undang No. 23 tahun 2014.

"Dengan lomba ini kita tidak hanya sekedar mencari siapa pemenang tetapi para petani diharapkan agar mereka berlomba-lomba untuk meningkatkan produksi pertanian dan tentunya untuk mengasah skill dan mengetahui  ketahanan dari hand traktor masing-masing," jelas sekda lebih jauh.

Semoga perlombaan ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun dan tentunya lebih baik lagi karena warga begitu antusias dalam menyaksikan secara langsung perlombaan hand traktor tersebut, ini terbukti meskipun hujan deras mengguyur tetapi tidak menyurutkan langkah warga untuk menyaksikan lomba karena ini kali pertama lomba hand traktor dilaksanakan di Kab. Takalar.

Sementara itu, Kepala Dinas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Muh. Hasby S.,STP, M.AP pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa program Kementerian Pertanian Yakni Pertanian maju, mandiri dan modern. Di era modern sekarang ini, seluruh petani tidak lagi manual dalam pembajakan, mereka menerapkan mekanisasi dengan menggunakan alat mesin pertanian yang ada.

Tentu kita berharap agar semua petani bisa menguasai dan mengoperasikan alsintan yang mereka miliki, selain itu juga kegiatan ini menjadi wadah perkumpulan para petani di Kab. Takalar.

"Sebanyak kurang lebih 200 lebih petani mengikuti lomba ini terdiri dari para kelompok tani dari Kab. Takalar, Gowa, Je'neponto dan Kab. Bantaeng. Dan Ada 4 kelas hand traktor yang diperlombkan yakni Kubota 8,5 PK, Yanmar 8,5 PK, umum dan Roda empat," Tutup Kadis Pertanian.