Kantor Imigrasi Makassar Gelar Rakor dan Pembentukan TIMPORA untuk Kabupaten Takalar-Jeneponto

247

SULSELBERITA.COM. Makassar-Provinsi Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Takalar dan Kabupaten Jeneponto mempunyai banyak destinasi wisata dan investasi bisnis maka sangat perlu adanya pengawasan orang asing dari tingkat provinsi maupun tingkat kecamatan, jelas Sekda Takalar Drs. H. Arsyad, MM dalam membacakan sambutan tertulis Bupati Takalar pada Rakor & Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora).

Beliau juga menambahkan Kabupaten Takalar menyambut baik adanya sosialisasi keimigrasian dan Timpora ini karena keberadaan orang asing atau Warga Negara Asing yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian semua pihak. Oleh karena itu, koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi dalam hal pengawasan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang tugas masing-masing mutlak dilakukan.

Baca Juga  Baksos "Wirata Lasmana" Abituren Akmil 2012, Bantu Warga Terdampak Covid

"Kita semua perlu bekerja sama ikut andil dalam melaksanakan pengawasan terhadap pelanggaran-pelanggaran WNA di negara kita, untuk itu sangat diharapkan bantuan dari seluruh peserta sosialisasi untuk selanjutnya menginformasikan kepada masyarakat hal-hal yang berkaitan dengan keimigrasian". Tambahnya.

Diakhir sambutan beliau menyampaikan Kehadiran Timpora di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Takalar dan kabupaten Jeneponto sebagai wadah tempat tukar menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing di Kabupaten Takalar dan juga kabupaten Jeneponto merupakan hal penting, dan yang memicu terganggunya kenyamanan dan kelancaran aktivitas orang asing dapat dilakukan sehingga kewaspadaan dan pengawasan yang tidak berlebihan.

Sementara itu Suaib lamidi, SH. MH selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa Rakor diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar TA. 2019 kerjasama dengan Kab. Takalar dan Kab. Jeneponto di Gedung Islamic Center Kab. Takalar, Selasa 3 September 2019. Dengan jumlah peserta kurang lebih 150 orang terdiri dari unsur Kecamatan, Kelurahan/Desa, Kepolisian Sektor (Polsek) dan Komando Rayon Militer (Koramil).

Baca Juga  Usai Breakdown Anggaran, KPU Kepulauan Selayar Tanda Tangani NPHD

Dalam Rakor tersebut dirangkaikan dengan Pengukuhan TIMPORA Kab. Takalar & Kab. Jeneponto oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar Andi Pallawarukka, SH. MH. Dilanjutkan dengan penyerahan SK kepada para Timpora yang telah dikukuhkan. Serta penyerahan plakat dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar kepada Pemerintah Kab. Takalar dan dari Pemkab. Takalar kepada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar.

Kepala Dinas Tenagakerja Prov. Sulsel, para unsur Forkopimda Kab. Takalar dan Kab. Jeneponto, Kepala Kesbangpol Jeneponto turut hadir dalam Rakor tersebut.

Advertisement
BAGIKAN