Hidup Sebatang Kara, Janda Tua di Desa Pattoppakang ini Butuh Uluran Tangan

897

SULSELBERITA.COM. Takalar - Raba 75 tahun seorang janda tua yang hidup sebatang kara, adalah warga Dusun Maccinibaji Desa Pattoppakang Kec.Marbo Kabupaten Takalar,

Kondisinya Raba cukup memprihatinkan, sebelum warga setempat bergotong royong dan membantunya membangunkan sebuah gubuk berukuran 3X3 meter, diatas tanah milik Samad Dg Sialle, Raba hidup terlunta lunta numpang tidur dari rumah keluarga yang satu ke rumah keluarga yang lainnya.

Advertisement

Melihat kondisi Raba tersebut, warga setempatpun berinisiatif membangunkan sebuah rumah gubuk ukuran 3X3 meter, agar Raba bisa hidup jtenang di sisa hidupnya.

Untuk kebutuhan makan sehari hari, Raba hanya mengandalkan pemberian dari tetangganya saja, karena tak memiliki sanak keluarga lagi. Suami Raba sudah lebih 10 tahun meninggal dunia dan tidak memiliki keturunan, (anak).

Awak media ini yang mengunjungi Raba di rumah Gubuknya hari ini, Sabtu, (16/2/2019), menyaksikan kondisi yang sangat memprihatinkan, dimana gubuknya tersebut lantainya terbuat dari bambu yang dibelah, dindingnya terbuat dari anyaman bambu. Sebuah kasur  tempat membaringkan tubuhnya, juga terlihat lusuh.

Kepada awak media ini, Raba mengaku tidak pernah mendapat perhatian dari pemerintah, "Jangankan PKH pak, beras raskin saja saya tidak pernah dapat, saya kadang makan 3 kali sehari, kadang cuma dua kali bahkan kadang cuma sekali sehari, tergantung dari belas kasihan tetangga"Ungkap Raba sambil meneteskan air mata

Di sisa hidupnya yang kini sudah memasuki 75 tahun, Raba malah tak bisa menikmati masa tuanya dengan baik, Raba malah luput dari perhatian pemerintah.

"Iya pak, Raba tidak pernah mendapat bantuan, baik Taskin, PKH maupun kartu KIS, kami sebagai tetangga, berharap bagaimana pemerintah bisa memberikan bantuan penghidupan untuk makan sehari hari. Kamilah para tetangga yang sering memberi bantuan makanan kepada dg Raba, karena kami kasihan dengan kehidupan sehari harinya" Ungkap Habiah, salah srorang tetangga Raba

Sementara itu, Camat Marbo, Mappaturung S.Sos, yang kebetulan ada dilokasi, kepada awak media ini mengatakan "Kami sudah turun langsung melihat kondisi Raba, dan kami sudah berkordinasi dengan pihak Dinas Sosial".Ujarnya.