Hari Sumpah Pemuda, Djaya Jumain: Lambang dan Penggerak Perubahan

218

SULSELBERITA.COM. MAKASSAR - Peringatan Hari Sumpah Pemuda diharapkan tidak hanya menjadi kegiatan tahunan, tapi menumbuhkan semangat bagi pemuda untuk berbuat yang lebih baik bagi lingkungannya. Hal tersebut diungkap mantan Koordinator Koalisi Masyarakat Peduli Pemuda Sulsel Djaya Jumain.

"Pemuda itu lambang perubahan, penggerak perubahan. Tidak ada perubahan tanpa ada pemuda di dalamnya. Tapi, pemuda yang memiliki visi masa depan yang jelas, pemuda berintegritas dan pemuda yang peduli pada lingkungannya," ujar Djaya Jumain di Makassar, Ahad (28/10/2018).

Menurut Djaya Jumain, peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan pemicu semangat setiap tahunnya untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.

"Karena perjuangan ini masih panjang, untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Pemuda memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan masyarakat yang pancasilais tapi tidak lepas dari nilai-nilai religius," urai Djaya Jumain yang dikenal sebagai aktivis dan politisi muda Sulsel.

Baca Juga  Menelusuri Pasar Kecamatan Bulupoddo, Ternyata Ini Yang Dilakukan BNK Sinjai !

Menurut Djaya Jumain yang saat ini dipercaya sebagai Wakil Sekretaris DPD Partai Gerindra Sulsel, sebagai lambang dan penggerak dari perubahan ke arah yang lebih baik, pemuda harus memiliki pola pikir dan hasil pemikiran yang konstruktif.

"Jangan ada pemuda yang pesimistis dengan masa depan, terurama untuk perjuangan membantu warga masyarakat," tegasnya.

Djaya Jumain diketahui merupakan pelopor dan ikut mengawal Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kepemudaan di DPRD Sulsel, bahkan mendapat kepercayaan dari kalangan NGO/LSM, ormas, lembaga hukum, jurnalis, lembaga lintas agama untuk menjadi koordinator Koalisi Masyarakat Peduli Pemuda untuk mengawal pembahasan ranperda tersebut.

Selain itu, Djaya Jumain selama ini aktif melakukan pendampingan terhadap masyarakat yang menghadapi masalah dengan hak-haknya sebagai warga negara, seperti di bidang hukum, kesehatan dan birokrasi, melalui Lembaga Perlindungan Hak-hak Sipil (LPHS) Makassar.

Baca Juga  Pustaka Jeruji Lapas Maros Tetap Eksis

Djaya Jumain yang saat ini tercatat sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019 untuk DPRD Gowa dari daerah pemilihan Kecamatan Pallangga dan Barombong, juga aktif melakukan kampanye tentang bahaya narkoba, melakukan pendampingan terhadap korban peredaran narkoba, serta aktif membantu aparat berwajib untuk melakukan pencegahan terhadap peredaran narkoba, hingga dipercaya sebagai Ketua Umum Generasi Muda Anti narkotika (Genetika).

Advertisement
BAGIKAN